Rabu, 11 Februari 2009

obyek wisata di Jawa Tengah(tourism spot in Central java)

PEMANDIAN AIR PANAS “GUCI”

Berawal dan cerita rakyat, GUCI adalah salah satu petilasan Sunan Gunungjati dalam menyiarkan Agama Islam. Beliau berkenan meninggalkan sebuah Guci dengan maksud agar masyarakat setempat dapat memanfaatkan airnya untuk kehidupan sehari-hari dan untuk dapat menyembuhkan segala penyakit, yang sampai sekarang masih diyakini akan khasiat dan manfaatnya.
Teristimewa lagi sifat air panasnya yang jernih, tidak berbau dan tidak berwarna. Objek wisata Guci terletak di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian ± 1.050 m dan permukaan laut.
Pada pengembangan tahap III dnegan mempenluas areal ± 100 ha. Adapun fasilitas meliputi penginapan, wisata alam, olah raga, wisata hutan kolam renang air panas, pemandian terbuka air panas, wisata Goa dan sebagainya.
Jarak tempuh dan terminal bus Kota Tegal ± 47 km ke arah selatan Jurusan Purwokerto. Dapat ditempuh dengan kendaraan umum antara lain bus, colt mini atau mobil omprengan.

Baturaden


Lokawisata Baturaden terbentang di sebelah selatan Gunung Slamet pada ketinggian sekitar 640 m permukaan laut. Baturaden terletak hanya 14 km da Purwokerto yang dihubungkan dengan jalan yang me Di tempat wisata ini Anda dapat menikmati peman indah& udara pegunungan yang segar dengan suh Celcius 250 Celcius. Sedangkan, Gunung Slamet ii ketinggian 3.428 m, merupakan gunung berapi te dan gunung tertinggi ke 2 di Jawa. Jika cuacanya bagus, Kota Purwokerto dapat terlihat dari Baturaden, begitu juga dengan Cilacap dan Nusa Kambangan. Ketika kita melihat gunung Slamet, kita dapat melihat lereng gunung Slamet yang ditutupi oleh hutan Heterogen.

BATU RADEN berasal dari dua kata yaitu Batur yang dalam bahasa Jawa Pembantu, Teman, atau Bukit & Raden yang dalam bahasa Jawa juga berarti Bangsawan. Cerita tentang Baturraden a versi. yaitu versi Kadipaten Kutaliman & versiMaulana Maghribi.

BANDUNGAN
Berada di Kelurahan Bandungan Kecamatan Ambarawa yang berjarak 7 Km dari Kota Ambarawa dan 9 Km dari kota Ungaran. Bandungan mempunyai wisata yang cukup lengkap meliputi wisata alam wisata olah raga, taman bunga, areal perkemahan, pasar buah dan sayur serta tempat peristirahatan yang dilengkapi hotel berbintang dan melati.

KOPENG KARTIKA WISATA
Wisata alam ini mempunyai pemandangan yang indah dan hawa yang sejuk. Disekitar lokasi terdapat pasar buah dan sayur, hotel, rumah makan, kolam renang dengan sumber air dari pengunungan. Lokasinyapun mudah dijangkau karena dilalui jalur bus Magelang - Salatiga, tepatnya terletak di Desa Kopeng Kecamatan Getasan sekitar 24 Km dari kota Salatiga.

TAWANGMANGU
Obyek wisata di Kabupaten Karanganyar yang banyak dikunjungi wisatawan nusantara dan manca negara, mudah dikunjungi dengan berbagai kendaraan. Suatu kawasan hutan yang banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kerajinak.
Sebagai spesifikasi hutan wisata ni adalah dengan adanya Air Terjun setinggi 81 meter yang terkenal dengan Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu. Perpaduan serasi antara hutan dan air terjun merupakan daya tank tersendiri bagi wisatawan.
Taman Binatang, Kolam Renang, Shelter, Warung Makan, Kios Buah-buahan dan Cinderamata, Mushola dan MCK merupakan fasilitas pendukung Hutan Wisata yang berkali-kali menjadi Obyek Wisata Teladan Tingkat Propinsi Jawa Tengah.

COLO
Obyek wisata colo dengan ketinggian tanah + 700 m , terdapat pemandangan yang indah dan udara yang sejuk terletak 18 km arah utara kota Kudus. Di kawasan Colo juga terdapat air terjun Monthel, Makam dan Masjid Sunan Muria salah seorang Walisongo, Villa Pemda untuk umum dan Wana Wisata Kajar + 1,5 km sebelum colo. Saat ini obyek wisata Colo belum dikelola secara optimal sehingga masih memungkinkan untuk dikembangkan sebagai obyek Wisata alam sekaligus spiritual, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan Asli Daerah ( PAD ) yang cukup potensial di sector Pariwisata.

LINGGO ASRI
Terletak 37 km dari Pekalongan ke arah selatan melalui daerah Kajen.Linggo Asri memilik panorama alami yang indah dan udara yang menyegarkan.
Umumnya penduduknya beragama Hindu.Di Desa Josorejo ada candi Bali dan batu keramat yang disebut Linggo yang merupakan lambang dari Hindu Shiva yang oleh Guru Agastya.Ke arah timur terdapat Pura Kalingga Setya Dharma yang merupakan tempat bersembahyang pertama umat Hindu jaman dulu.Sampai sekarang ini, pura tersebut masih digunakan untuk tempat bersembahyang umat Hindu.

2 komentar:

  1. Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
    jabat tangan erat salam penuh damai!

    Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

    BalasHapus